Wednesday, August 3, 2011

Buat Foto dgn Background Blur?

Siapa takut!!!!

Beberapa teman, seringkali menanyakan bagaimana cara membuat foto dengan Background (BG) blur... Hmmmmm memangnya kenapa dengan BG Blurrrrr? Mungkin memang foto seperti sangat menarik karena point of interest-nya (PoI) menjadi terisolasi. Jadi perhatian orang yang memandang langsung tertuju pada obyek utamanya.

Ini contohnya:

Canon 350D, focal lenght 100mm, speed 1/125 sec, aperture 2.8







Diafrahma adalah komponen utama dalam menentukan deep of field (DOF) sebuah foto. Diafrahma adalah celah dalam kamera yang menjadi jalan masuk cahaya kedalam sensor. Besar kecilnya diafrahma menentukan bagaimana sifat cahaya yang masuk. Secara sederhana dapat dianalogikan diafrahma seperti kelopak mata kita. Secara natural kita akan memicingkan/ membuka sedikit kelopak mata bila cahaya terlalu kuat dan kita menjadi silau.

Hal ini juga kita lakukan bila ingin melihat benda-benda dengan jarak yang jauh. Sebaliknya kita akan membuka mata lebar-lebar bila cahaya sangat kurang atau keadaan gelap. Juga untuk melihat benda-benda yang dekat kita akan membuka mata lebih lebar.

Pada kamera yang hal sama terjadi. Besar kecilnya bukaan diafrahma menentukan kedalam fokus atau dikenal juga sebagai deep of field (DOF). Makin kecil bukaan diafrahma makin jauh/lebar DOF (ingat kita akan memicingkan mata untuk melihat jauh). Makin besar bukaan diafrahma akan mempersempit DOF.

Besarkecilnya bukaan diafrahma direpresentasikan oleh angka f. Angka f umumnya bermula dari 1.4 sampai dengan 32. Secara teknis f ditulis 1/1.4, 1/8, 1/16 dan seterusnya. Pada penggunaan sehari-hari cukup disebut 1.4, 8 atau 16. Dengan demikian dapat kita fahami makin besar angka f makin kecil bukaan difrahma. Demikian sebaliknya, makin kecil angka f, makin besar bukaannya.

Jadi kalo ditantang buat foto dengan BG blur, yuk segera kita set kamera pada menu aperture priority (pada Canon: mode Av). Atur sampai ukura diafrahma pada angka yang paling kecil: 1.4 sampai 2.8 trus jepret....lihat hasilnya pasti blur deh BG nya.

No comments:

Post a Comment